Tips Meraih Beasiswa

Salam Muda Bengkulu, salam generasi cendikia Bumi Raflesia.

Halooo pemuda Bengkulu! Mudo Bengkulu Kito kali ini akan berbagi informasi yang pastinya bermanfaat bagi tema-teman semua, terutama mahasiswa yang sedang gencar-gencarnya cari pemasukan tambahan.

Yuppss, informasi yang akan teman-teman Bengkulu dapatkan kali ini adalah info seputar beasiswa. Wooww, siapa sih yang ga mau dapat beasiswa?? 😀

Narasumber kita kali ini adalah seorang mahasiswa yang sedang berjuang di bangku S1 Universitas Bengkulu. Ia adalah Kak Rizki Erdayani, atau yang kerap di sapa Kiki sehari-harinya. Siapa sih Kakak ini? Yukkk, kita kenalan lebih lanjutt.

Rizki Erdayani, yang sehari-harinya akrab disapa Kiki ini adalah seorang mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Sehari-harinya saat ini tenga disibukan oleh beberapa tugas kuliah tentunya, dan juga beberapa kegiatan lainya di BEM KBM Universitas Bengkulu, Hima Bahtra FKIP Unib, Komunitas Mantra, dan saat ini masih berstatus sebagai Beswan Djarum angkatan 31.

Nahhh, di atas sudah ada bocoran nongol kan? 😀

Yap, Kak Kiki adalah salah seorang penerima Beasiswa dari Djarum Foundation untuk periode 2015/2016 terhitung sejak bulan september lalu. Apa sih beasiswa Djarum itu?

Djarum Beasiswa Plus merupakan salah satu program dari Djrum Foundation sebagai bentuk konsistensi pihak Djarum untuk berkontribusi di dunia pendidikan Indonesia, yang sudah dimulai sejak tahun 1984. Kalau di hitung-hitung, Kak Kiki adalah Beswan Djarum (sebutan untuk penerima Djarum Beasiswa Plus) angkatan 31.

Nah, untuk terhitung sebagai satu dari sekian banyak mahasiswa yang lolos sebagai Beswan Djarum, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan untuk mengikuti beberapa tahap seleksi. Nah, persyaratan yang harus dilengkapi antara lain:

  1. Mahasiswa yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi adalah mahasiswa yangs sedang duduk di bangku S1 dan berada di semester 4 untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan Djarum Foundation.
  2. IPK Minimal 3,00
  3. Transkrip nilai yang telah dilegalisir. Biasanya ada beberpa fakults yang tidak mau melegalisir transkrip nilai, jadi teman-teman bisa mengumpulkan LHS dari semester 1 sampai dengan 3 yang telah dilegalisisir dan transkrip nilai.
  4. Sertifikat, piagam penghargaan dll.
  5. Surat keterangan aktif dalam suatu organisasi yang sedang diikuti.
  6. Surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa apapun.

Selanjutnya nih teman-teman Bengkulu, ada beberapa tahap yang harus diikuti, sebelum teman-teman dinyatakan lolos sebagai Beswan Djarum.

  1. Pendaftaran online melalui website Djarum Beasiswa Plus di djarumbeasiswaplus.org dan biasanya pendaftaran dibuka awal April hingga akhir Mei.
  2. Seleksi administrasi. Data yang teman-teman input pada pendaftaran online, serta beberapa berkas sebagai persyaratan yang teman-teman kirimkan melalui pos akan diseleksi kelengkapan dan kelayakannya.
  3. Tes tertulis. Setelah teman-teman dinyatakan lulus seleksi administrasi, teman-teman akan mengikuti tes tertulis yang akan menguji pengetahuan dasar yang teman-teman miliki.
  4. Wawancara dan FGD. Jika teman-teman berhasil lolos pada tes tertulis, maka tahap terakhir yang akan teman-teman ikuti adalah wawancara dan FGD. Untuk pelaksanaan FGD biasanya kondisional. Jika peserta yang lolos tes tertulis terhitung banyak (lebih dari 100) maka FGD akan dilaksanakan. Namun jika pesertanya sedikit, maka teman-teman hanya mengikuti tes wawancara sebagai tahap akhir seleksi.

Setelah lolos menjadi Beswan Djarum, ada beberapa hal yang akan teman-teman dapatkan, yaitu

  1. Dana beasiswa sebesar Rp750.000,00 per bulan selama 1 tahun.
  2. Pelatihan Softskill sebanyak 3 kali yang terdiri dari Nation Building, Character Building, dan Leadership Development.

Nah, pelatihan yang diberikan oleh Djarum Beasiswa Plus inilah yang menjadi salah satu pertimbangan kak Kiki untuk berjuang menjadi Beswan.

“Karena ini kesempatan emas, dan tidak banyak beasiwa yang memberikan hal menarik seperti ini”.

  1. Souvenir kece-kece dari setiap kegiatan yang diikuti.
  2. Kejutan menarik dari setiap event.
  3. Pengalaman yang luar biasa.

Nahhhh teman-teman, cukup tertarik kah untuk berjuang memperebutkan salah satu posisi sebagai Beswan Djarum? Yuuk persiapkan diri dari sekarang. Apa lagi yang masih duduk di bangku semester muda. Peluang kalian untuk mendapatkan sesuatu hal yang menakjubkan akan lebih besar jika kalian memiliki niat dan konsisten.

So, buat target yang ingin kalian capai ya teman-teman, supaya nanti kalian sudah memiliki hal-hal lebih dari yang lain untuk berkompetisi dalam hal apapun. Tetap semangat dan jangan pernah lelah untuk berjuang.

“Karena berjuang adalah hal bodoh. Namun akan lebih bodoh lagi ketika kamu telah berjuang, namun berhenti di tengah jalan. Selesaikan apa yang telah kita muali dengan baik. Datang, bermain, dan menang.”

Salam Mudo Bengkulu, Salam generasi cendikia Bumi Raflesia!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s